Cara Ekstrak dan Kompresi File di Android dengan ZArchiver

Tutorial Creativeku.com - Pada dasarnya android pada umumnya memang dapat digunakan untuk melakukan ekstrak file dengan ekstensi .RAR .ZIP .ISO dan lain sebagainya namun tidak semua versi android dapat membuka ekstensi suatu file tertentu, Android sendiri juga tidak dapat melakukan kompres pada file file didalamnya.

Untuk itu kita membutuhkan aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan untuk melakukan ekstrak dan kompres file secara mudah dan cepat, ZArchiver adalah aplikasi yang saat ini terbaik di Google Play dengan total jumlah unduhan yaitu 10 Juta + unduhan.


Aplikasi ini memang sangat mudah digunakan dan menu navigasi dan interfacenya juga nyaman digunakan bagi yang belum tahu apa itu aplikasi ZArchiver bisa membaca postingan yang satu ini. Apa itu aplikasi ZArchiver ??.

ZArchiver selain dapat mengekstrak file file yang berformat ISO, RAR, ZIP juga dapat melakukan ekstrak pada file dengan ekstensi tertentu misalnya 7zip dan lainnya dengan begitu kita bisa melakukan file ekstrak dengan mudah dan cepat. Lantas bagaimana cara untuk ekstrak dan kompresnya ? Postingan berikut menjawab pertanyaan kalian untuk itu bisa langsung ke tutorialnya berikut ini.


Cara Ekstrak File via ZArchiver Android.

1. Sebelumnya gunakan aplikasi ZArchiver versi paling barunya agar work di Tutorial ini, untuk link downloadnya silahkan klik Download disini.

2. Kemudian buka aplikasi ZArchivernya dan akan langsung tampil tampilan menu file yang ada di memori kalian. Seperti berikut ini kurang lebihnya disesuaikan dengan isi memori kalian.


3. Setelah itu cari dimana file yang ingin kalian ekstrak, apabila kesulitan mencari filenya bisa gunakan tombol cari pada bagian atas aplikasi untuk mempermudah mencari filenya.

Pada contoh kali ini adalah file dengan ekstensi .RAR yang saya praktekan untuk ekstensi apa saja yang dapat dibuka bisa kunjungi artikel berikut ini.


4. Pilih file dengan cara ketuk file satu kali dan akan muncul menu seperti berikut ini untuk dapat melakukan ekstrak pada file.

Terdapat 3 Opsi ekstrak :

a. Ekstrak disini adalah file hasil ekstrak akan muncul dimana letak file RAR tadi.
b. Ekstrak ke artinya kalian dapat memilih folder atau tempat dimana hasil ekstrak akan diletakkan.
c. Yang terkahir Hanya Ekstrak artinya sama dengan nomor yang pertama.


5. Setelah itu tunggu hingga proses selesai.

Cara Kompres File di Android dengan ZArchiver.

1. Pertama cari dan pilih file yang akan dikompres. Pada contoh kali ini adalah file dengan ekstensi .DOC


2. Tekan / Ketuk satu kali pada file yang dipilih dan akan tampil menu berikut ini. Ada 3 Opsi pilihan.

a. Kompres ke *.zip (langsung menjadi file Pahlawanku.zip)
b. Kompres ke *.7z (langsung menjadi file Pahlawanku.7z)
c. Kompres untuk memilih opsi lainnya ekstensi yang akan dihasilkan.


3. Apabila memilih opsi ketiga maka akan muncul tampilan seperti berikut. Kamu bisa menggunakan format apa saja sesuai pilihan, memilih level konpresi dan memberikan password pada filenya.

Disini saya memilih ekstensi *.7z


4. Lalu klik OK untuk melakukan kompres file, tenang file asli yang belum di komresi masih tersedia.


Itulah tutorial untuk cara kompres file dan ekstrak file dengan menggunakan aplikasi ZArchiver yang dapat teman teman praktekkan dengan mudah. Terima kasih sudah membaca artikel tentang Cara Ekstrak dan Kompres File di Android Menggunakan ZArchiver

Subscribe to receive free email updates: