Hardisk Penuh Tapi Data Sedikit ! Ini Penyebabnya

Creativeku.com - Masalah yang sering dihadapi dari hardisk adalah seringnya hardisk mengalami full volume tetapi ketika di cek data yang ada sedikit, kemungkinan besar terjadi kesalahan yang disebabkan oleh file sampah atau cache pada sistem operasi windows kalian.

Ada beberapa sebab yang biasanya menyebabkan hardisk penuh tetapi data yang ada sedikit, yaitu diantaranya file cache dan juga file yang terhidden di sistem operasi. Solusinya sangat mudah sekali kali ini tutorialnya khusus bagi para pengguna windows 7, 8 dan 10.

Yang pertama adalah dengan menghapus file cache, yang khusus kali ini adalah pada drive C atau local disk C yang disebabkan file cache dari program atau aplikasi yang sedang kita jalankan. Cara untuk membersihkan file cache ini adalah dengan menghapus file pada Folder Temp di Disk C.


Berikut caranya menghapus File Cache di Windows agar hardisk tidak Full.


1. Buka CTRL + R lalu ketikkan dengan command "%temp%"

2. Setelah itu akan terbuka folder Temp, untuk membersihkannya tekan pada keyboard CTRL + SHIFT + DELETE untuk menghapus file cache tersebut secara permanen.

3. Setelah itu restart komputer kalian untuk melihat hasilnya.
Cara diatas salah satu dari banyak cara untuk menghapus file cache untuk cara lainnya bisa lihat pada artikel berikut

6 Cara mengatasi disk C full tiba-tiba.

Mengaktifkan Folder yang tersembunyi di Windows.

1. Buka windows explorer (Cara ini dilakukan di windows 10 untuk windows 7 dan 8 kurang lebih hampir sama hanya berbeda posisi untuk namanya tetap sama.)

2. Lalu pilih Menu file dibagian pojok kiri atas, lalu pilih "Change Folder and Search Option"


3. Setelah itu masuk pada menu view dan pilih hidden files and folder lalu pilih "Show hidden files, folders and drives." kalau bingung perhatikan gambar berikut ini.


Kemudian setelah itu klik OK kemudian buka partisi yang penuh tadi dan cek apakah ada file yang tersembunyi khusus di Disk C harap berhati hati salah menghapus file bisa jadi itu file windows dan apabila dihapus akan menyebabkan error pada windows kalian.

Setelah file yang tersembunyi sudah dihapus maka disk kalian akan lebih banyak lagi ruang kosong untuk diisi dengan file lainnya.

Terima kasih dan semoga membantu, jangan lupa apabila ada pertanyaan silahkan berkomentar di situs Creativeku.com.

Subscribe to receive free email updates: