Fungsi dan Cara Kerja Tombol Hibernate di Windows 7,8, dan 10

Creativeku.com - Dalam windows 7,8, maupun 10 banyak sekali opsi menu yang dapat kalian gunakan seperti misalnya tombol hibernate ini.

Tombol hibernate bagi pengguna windows 7 sudah terdapat tombol default dibagian tombol shutdownnya, namun bagi para pengguna windows 8 dan 10 tombol hibernate ini tidak dimunculkan dalam menu shutdown nya. Kurang tahu mengapa developer windows tidak menampilkan opsi hibernate ini.

Namun yang pasti untuk saya tombol hibernate ini sangat bermanfaat dan sangat berguna bagi saya yang sering kerja dihadapan laptop, tombol hibernate ini memiliki fungsi yang sama dengan tombol shutdown namun kegunaannya sangat berbeda.

Fungsi dan Kegunaan Tombol hibernate pada Sistem Operasi di Windows.



Pada tombol hibernate ini ketika klik maka secara otomatis laptop kita akan mati namun berbeda dengan tombol shutdown, walaupun komputer akan benar benar mati nantinya.

Perbedaannya disini adalah saat kalian shutdown laptop kalian akan mati dan semua program yang sudah berjalan pastinya akan tertutup secara otomatis, namun dengan hibernate pada saat kalian ingin mematikan laptop kalian semua program yang dijalankan mulai dari browser, explorer sampai game pun tidak akan penutup program yang sedang dijalankan tersebut.

Selain itu hibernate ini benar benar akan membuat laptop kalian mati yang berbeda dalam keadaan sleep dimana lampu indikator yang masih menyala. Tidak dengan mode hibernate, laptop kalian akan mati tanpa ada lampu indikator laptop seperti halnya kita memilih tombol shutdown.

Dengan adanya ini sangat bermanfaat bagi saya dan teman teman yang ketika sedang mengerjakan tugas, dengan melakukan hibernate ini kita dengan bebas mematikan laptop tanpa harus menutup program atau aplikasi yang sedang dijalankan.

Selain itu lebih effisien ketika saat ingin menggunakan laptop kembali nanti tanpa perlu membuka kembali aplikasi dari awal. Sangat menghemat waktu kita :)

Mengapa program tetap Tersimpan saat laptop hibernate ?


Dari sumber yang saya baca, untuk sumbernya ada di bagian bawah artikel. Pada saat kita melakukan hibernate maka segala isi dari memori ram yang berisikan semua proses aplikasi yang dijalankan tersebut disalin dan dipindahkan ke Hardisk.

Sehingga saaat kita menghidupkan lagi laptop kita maka data program tersebut akan tetap aktif karena tersimpan di memori Hardisk bukan memori RAM.

Sehingga untuk kalian yang ingin cepat menjalankan program tanpa harus diclose dapat menggunakan opsi hibernate ini.

Namun apakah dengan menggunakan tombol Hibernate ada dampak buruknya ?

Apakah ada Dampak buruk dari Hibernate ?


Sejauh ini menurut pengalaman pribadi saya menggunakan hibernate pada laptop tidak terlalu berdampak dan hampir tidak ada meskipun digunakan dalam waktu yang lama.

Hanya saja ada sedikit penurunan performa pada laptop karena semua program yang ada diram berpindah ke hardisk, untuk mengatasinya tinggal kita hapus file cache dari windowsnya atau dengan melakukan restart. Dengan demikian laptop kita akan kembali normal.

Fakta unik tombol Hibernate.


Sedikit tambahan informasi untuk kalian yang laptop baterainya drop atau tidak ada, tombol hibernate ini tetap dapat digunakan dan aplikasi yang dijalankan akan tetap tersimpan, fakta ini adalah pengalaman saya sendiri ketika dalam keadaan tanpa baterai hibernate masih bisa dilakukan.

Karena memang semua data dipindahkan dari RAM menuju memori Hardisk.

Subscribe to receive free email updates: