Semua Artikel disini sudah berpindah di DatabaseArtikel.com

Creativeku.com - Hardisk atau local disk C adalah media penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan file file system agar komputer atau laptop bisa dijalankan, local disk c ini sangat erat dengan file system operasi entah itu windows xp, 7, 8 ataupun windows 10.

Local disk C ini sangat berperan penting dalam kinerja komputer atau laptop kalian, apabila free space atau ruang kosong dari disk C kalian penuh maka akan mengakibatkan penurunan kinerja pada laptop kalian. Karena disk C ini memiliki peranan penting dalam kinerja laptop selain Ram dan lainnya.

Ada kalanya permasalahan muncul pada disk C dimana secara tiba tiba hardisk pada partisi mengalami over capacity, hal ini bisa ditunjukan dengan munculnya notifikasi disk penuh atau bisa dilihat di bagian Local Disk C yang bewarna merah. Kejadian ini sering tidak disadari oleh pengguna yang diakibatkan oleh beberapa faktor diantaranya file sampah menumpuk, program atau aplikasi berlebihan atau karena virus, apa yang harus dilakukan ?



Apakah install ulang jalan utama ?

Install ulang adalah jalan akhir yang bisa digunakan, bagi kebanyakan orang install ulang adalah hal utama ketika sesuatu yang tidak wajar terjadi pada laptop atau komputernya. Jadi tidak perlu install ulang terlebih dahulu, kali ini kita akan mempraktekan tips tips untuk mengatasi disk c penuh pada windows apapun.

"Mencegah lebih baik daripada mengobati"

Install ulang adalah cara mengobatinya namun cara berikut ini adalah pencegahan yang bisa kita lakukan untuk mengatasi permasalahan yang satu ini bagaimana caranya simak rangkumannya berikut ini.

Beberapa Cara Mengatasi Disk C Tiba- Tiba Penuh.


1. Uninstall Aplikasi yang tidak dibutuhkan.

Sering kali para pengguna awan tidak memperdulikan aplikasi apa saja yang diinstall dan tidak memperhatikan dampak buruknya dari menginstall terlalu banyak aplikasi, salah satunya adalah menginstall banyak browser internet.

Saat kita membeli atau menginstall ulang laptop di toko seringkali ada aplikasi aplikasi yang tidak begitu penting untuk kita gunakan dan beberapa program yang dirasa cukup menghamburkan disk C, contohnya terinstall banyak aplikasi browser seperti Mozilla Firefox, Chrome, Opera dan lainnya.

Padahal yang kita sering buka adalah Firefox lantas apa gunanya browser lainnya hanya pajangan ? Tentu saja kita perlu menguninstall aplikasi yang tidak perlu dan hanya memberatkan disk C kita.

Untuk menguninstallnya bisa masuk ke cari Control Panel di Pencarian Windows, lalu pilih Programs > Uninstall a program. Lalu pilih aplikasi yang tidak dibutuhkan dan klik uninstall selesai. Setelah itu restart pc atau laptop kalian.

2. Melakukan Disk Clean UP disk C.

Selanjutnya membersihkan disk C dari file sampah yang tersembunyi, dengan menggunakan bantuan alat atau tool dari windows sendiri yakni Disk Clean Up. Untuk cara penggunaanya sangat mudah kita cari toolnya di pencarian windows "disk clean up" lalu klik untuk membuka aplikasi.


- Setelah terbuka pilih Drive yang ingin dibersihkan saat ini adalah kita pilih Disk C: lalu klik OK.


- Ketika sudah terbuka daftarnya silahkan centang semua kotak yang ada. Lalu pilih OK dan pilih Delete Files, sejauh ini masih aman karena file yang dihapus adalah file sampah yang tidak terlalu penting bagi windows kita. !!! Tetapi lihat dulu apabila ada direktori seperti Download, Picture, Desktop dan yang sekiranya penting jangan di centang.


- Restart pc kalian untuk melihat perubahan.


3. Menghapus file di Recycle Bin.

Semua data yang saat kita hapus dari Disk E atau lainnya akan masuk atau singgah ke Recycle Bin oleh karena itu kita kurang menyadari file file sampah yang ada di Recyle bin tersebut akan membuat disk c kalian penuh sendiri.

Solusinya adalah dengan menghapus file yang ada didalam recyle bin tersebut secara permanen, Bagaimana caranya ? Cukup mudah dan sederhana tinggal kita masuk ke Recycle Bin dan klik CTRL + A dan klik delete. Maka secara otomatis file akan terhapus secara otomatis.

4. Menghapus Semua file sampah pada Folder TEMP disc C.

Apa itu folder temp ? Folder temp adalah folder yang berisikan cache atau sampah yang biasanya ditimbulkan dari bermain game, ataupun menggunakan aplikasi untuk merender video atau gambar. Seperti aplikasi after effect, corel atau illustrator.

File file yang ada di folder ini bervariasi ukurannya ada yang besar hingga yang kecil hal ini karena cache pada saat merender atau bermain game sangatlah besar oleh karena itu apabila file ini tidak dihapus maka akan menumpuk dan membuat disk C kalian akan tiba tiba merah dan penuh dengan sendirinya.

Cara menghapusnya tidak terlalu sulit caranya dengan klik pada keyboard secara bersamaan CTRL + R untuk membuka tool Run,

Setelah terbuka isikan dengan command atau perintah berikut "%temp%".


Dan akan muncul berbagai file didalam folder ini, untuk menghapusnya secara permanen cukup tekan CTRL + A lalu SHIFT + CTRL + DELETE untuk menghapus file secara permanen dan agar tidak singgah kedalam Recycle Bin.

5. Menghapus file sampah (cache) dengan aplikasi.

Salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan dan saya sendiri merekomendasikan aplikasi bernama CC Cleaner ini, penggunaanya yang mudah dan cepat membantu kita agar lebih effisien dalam mengatasi disk merah secara tiba tiba.

Selain mudah dan gratis aplikasi ini gratis untuk didownload bagi pengguna windows 7,8 atau pun pengguna windows 10. untuk penggunaanya cukup simple sebelumnya silahkan kalian download aplikasi CC Cleaner terlebih dahulu.
Lalu buka aplikasinya dan jalankan dengan klik Run CC Cleaner dan secara otomatis aplikasi ini akan menghapus semua file sampah yang ada di laptop atau pc kalian.


6. Install ulang (Baca penjelasannya dulu).

Setelah lima tips diatas sudah dijalankan tetapi hasilnya masih nihil dan tidak berpengaruh maka kemungkinan besar laptop kalian mengalami infeksi virus komputer dan cara membersihkan virus ini adalah dengan melakukan install ulang.

Apakah menggunakan aplikasi anti Virus dapat mengatasinya ? Saya rasa tidak begitu efektif karena virus ini kemungkinan yang menyebabkan fullnya Disk C kalian maka saya rekomendasikan untuk install ulang, saat install ulang di toko maka bilang untuk tidak menginstall aplikasi tambahan yang tidak perlu.

***

Penanganan error atau hal tidak wajar pada pc kita tidak melulu harus install ulang pasalnya lima cara diatas sudah bisa terbukti untuk Mengatasi Local Disk C Penuh / Merah Pada Windows kita, sekian dulu informasi ini jangan lupa kunjungi artikel menarik lainnya di situs Creativeku.com ini Terima kasih.
- Jangan Lupa !! Share Artikel ini -


Artikel Terkait Lainnya :

Tambahkan Komentar Disini Hide comment

Disqus Comments