Semua Artikel disini sudah berpindah di DatabaseArtikel.com

Creativeku.com - WebP adalah format gambar terbaru yang dapat mengkompresi gambar dengan sangat ringan untuk format gambar di website ataupun blog, yang dapat membuat website akan semakin ringan dan membuat kecepatan membuka website jauh lebih cepat.

Penggunaan format gambar ini memiliki ekstensi berakhiran .webp dimana format ini memiliki ukuran jauh lebih kecil dibandingkan dengan format .jpg dan .png , penggunaan format gambar webp ini sangat dianjurkan bagi para pemilik website atau blog. Dimana format ini sangat ampuh untuk mengurangi bandwith penggunaan gambar ukuran besar dimana akan mempengaruhi kecepatan load web / blog.

Kompresi yang diberikan oleh WebP ini menghasilkan lebih dari 20% lebih ringan untuk format PNG, dan 30% lebih untuk format JPG. Dengan kompresi yang sangat tinggi tersebut mampu membuat gambar di blog / web akan semakin ringan.

Untuk Contoh gambar WebP silahkan kalian klik gambar berikut lalu download dan lihat ekstensi akhirannya yaitu .WebP

Contoh gambar format .WebP


Gambar diatas memiliki ekstensi asli .JPG dengan ukuran 136kb lalu kemudian di kompres menjadi .Webp dan hanya memiliki ukuran 10kb saja. Benar benar sangat menghemat ukuran untuk website ataupun blog kita.

Bagi kalian yang ingin tahu tentang .WebP ini kami rangkum dalam beberapa sub materi dari cara konversi jpg/png ke webp dan sebaliknya hingga rahasia dibalik format webp ini.

1. Siapa penemu, developer, dan Pengguna format .webp


Format gambar .webp ini diciptakan oleh developer Google.inc yang bertujuan untuk mengurangi pemborosan size gambar pada halaman suatu situs website atau blog.

Salah satu penggunaan webp ini yang diterapkan oleh Google adalah tampilan thumbnail pada situs Youtube.com mereka, hal ini bisa dilihat dari loading situs mereka yang tidak lambat dan bisa dilihat dari format gambar pada thumbnail situs mereka.

Dan kemudian Facebook juga menerapkan format .WebP ini pada facebook mobile / Android mereka. dan tidak kalah juga situs Creativeku.com ini juga berhasil menerapkan penggunakan format gambar .webp ini untuk menunjang kecepatan dan performa blog ini.

2. Browser yang mendukung Format .WebP


Saat ini semua browser yaitu Chrome, Firefor, Opera dan lainnya sudah mendukung format .WebP ini agar gambar dengan format ini bisa tampil di semua browser bahkan untuk browser Internet Explorer sudah dapat menampilkan format gambar web ini.

Berikut hasilnya :


3. Apakah format .WebP bisa dibuka di Windows ?


Tentu saja bisa semua format .WebP ini bisa dibuka dan dibaca di OS Windows tetapi untuk pembuka gambarnya dibutuhkan aplikasi pihak ketiga seperti Picasa dan aplikasi sejenis, atau kalian bisa langsung membukanya via browser. Karena untuk aplikasi dari windowsnya masih belum support terhadap format ini. Tetapi menggunakan aplikasi pihak ketika jauh lebih mudah untuk membukanya.

4. Bagaimana cara konversi Gambar .JPG/.PNG ke format .WebP ?


Nah ini yang ditunggu pastinya, untuk cara konversinya cukup mudah terdapat 2 cara yaitu dengan menggunakan situs konversi online dan bisa mengguankan aplikasi konversi png/jpg ke WebP. Untuk tutorialnya saya buatkan artikel khususnya dalam artikel berikut ini.

Baca Juga :

- Cara Konversi jpg/png ke .WebP dengan Situs Konversi online
- Cara Konversi jpg/png ke .WebP dengan Aplikasi.

Bacaan diatas adalah tutorial lengkapnya silahkan baca dan disimak baik baik.

5. Apakah kualitas format .WebP akan menurun ?


Mengenai kualitas .WebP kalian bisa bandingkan sendiri namun dilihat dari hasil kompresnya menurut saya untuk kualitasnya sudah terbilang tidak terlalu menurun dilihat dari kualitas WebP ini masih terlihat baik seperti kualitas aslinya.

Yang namanya berubah ukuran pasti ada sedikit perubahan dari aslinya, Benar bukan ?

Tetapi kualitasnya hampir tidak ada beda dengan file gambar aslinya.

***

Itulah beberapa hal yang perlu kalian ketahui sebelum menggunakan format .WebP ini, jadi untuk kalian yang ingin mempercepat loading browser atau windows kalian bisa gunakan format ini untuk menampilkan lebih cepat situs kalian dari sebelumnya.

Untuk informasi lebih mengenai format .WebP ini kalian bisa mengunjungi artikel resmi dari Google Developernya disini. Google Developer about WebP

Sekian dari Saya dan terima kasih.

Jangan lupa untuk share artikel ini.
- Jangan Lupa !! Share Artikel ini -


Artikel Terkait Lainnya :

Tambahkan Komentar Disini Hide comment

Disqus Comments