Ads

Ads

Apakah Bisa Ekstrak File RAR, ZIP, ISO di Android Tanpa Aplikasi

Creativeku.com - Ekstrak file adalah proses untuk mengeluarkan file asli dari suatu file yang sebelumnya sudah dikompres dalam bentuk RAR, ZIP, ISO Dan lainnya. Tujuannya agar file asli tadi dapat kita buka dan dapat digunakan misalnya file .doc yang dikompres menjadi rar , tentu saja file dengan format .Rar tidak dapat dibuka di microsoft word atau aplikasi word lainnya.

Oleh karena itu kita perlu melakukan ekstrak file dari RAR untuk mengeluarkan file aslinya yaitu .DOC untuk dapat di buka di microsoft word. Pada kesempatan kali ini adalah pembahasan mengenai


Apakah bisa kita melakukan ekstrak file di Android tanpa menggunakan aplikasi apapun ?


Jawabannya adalah tergantung versi OS / sistem operasi Android kalian beberapa os yang sudah jadul mungkin ada yang bisa dan juga ada yang tidak bisa. Hasil uji coba saya pada smartphone vivo Y53 dengan os Android versi 6 yaitu Marsmellow dapat melakukan ekstrak file dengan ekstensi .Zip .Rar tanpa menggunakan aplikasi tambahan lainnya untuk tampilan ekstraknya seperti berikut ini.

Untuk teman teman silahkan coba kalian buka file dengan ekstensi RAR atau ZIP dan kemudian buka dengan ketuk sekali pada file tersebut maka akan muncul apa ? Biasanya untuk perangkat yang tidak dapat mengekstrak file pada umumnya akan muncul notifikasi "Format File Tidak diketahui".
Seperti berikut ini contoh saya membuka file *.7z yang tidak mendukung di andorid saya akan muncul tampilan berikut ini.

Bagaimana solusinya ? Kalian tinggal download aplikasi pihak ketiga untuk dapat mengekstrak file file tersebut sehingga dapat digunakan, contoh aplikasinya adalah zarchiver ukuran aplikasi ini juga kecil, tidak mempengaruhi memori penyimpanan kalian dan pastinya mudah untuk digunakan. Untuk tutorial menggunakan Zarchiver dan link downloadnya bisa bisa dilihat di artikel berikut ini.

Baca : Review Aplikasi Zarchiver dan Link Downloadnya.

Kesimpulannya adalah kita dapat melakukan ekstrak file tanpa aplikasi di android dengna beberapa syarat yaitu os dan perangkat yang digunakan oleh karena itu untuk android teman teman yang bisa mengekstrak file silahkan berkomentar nama smartphone dan OS kalian dibawah ini.

Apabila ada pertanyaan lainnya bisa langsung komentar dibawah postingan ini, Terima Kasih.

Subscribe to receive free email updates: