Ads

Ads

Cara Merekam Suara + Editing Tanpa Aplikasi di Windows 10 Terbaru 2019

Creativeku.com - Melakukan rekam suara pada Komputer (Laptop / PC) dapat menggunakan aplikasi yang sudah tersedia di dalam OS Windows 10, bagi kalian yang saat ini menggunakansistem operasi windows 10 dan ingin melakukan rekam suara langsung dari laptop kalian ada informasi bagus untuk kalian.

Saat ini windows 10 memiliki Fitur dimana kalian dapat melakukan proses perekaman suara tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan lainnya seperti Aplikasi AUDACITY atau aplikasi perekam suara lainnya, hal ini tentu sangat membantu efisiensi kerja kalian tanpa harus repot-repot melakukan download dan install terlebih dahulu.

Tutorial ini tidak bisa digunakan untuk windows 7, dan 8 karena fitur perekam suara ini hanya terdapat di WINDOWS 10 saja. Penggunaan perekam suara ini cukup jernih dan tidak terlalu banyak menimbulkan distorsi pada suara yang direkam, terbaiknya lagi untuk kalian pengguna laptop / notebook bisa menggunakan tool ini tanpa perlu alat mickrophone eksternal atau tambahan.

Berikut ini mari kita bahas langsung ke poin utama artikel ini tentang bagaimana cara untuk merekam suara di windows 10 dengan cepat dan mudah sekaligus melakukan pengeditan pada hasil rekaman suara kita tanpa menggunakan aplikasi apapun.



Melakukan Rekam Suara dengan Voice Recorder Windows 10.


1. Pertama, buka aplikasi atau fitur perekam suara di windows 10, caranya dengan mengetikkan "Perekam Ucapan" untuk windows berbahasa indonesia atau dengan mengetikkan "Voice Recorder" di bagian Pencarian Start di bagian pojok kiri bawah. Contoh hasilnya seperti berikut ini.



2. Setelah terbuka Akan muncul tampilan seperti berikut, untuk memulai merekam suara kalian tinggal klik icon mikrophone tersebut dan secara otomatis laptop akan melakukan perekaman suara atau dengan menekan tombol CTRL + R untuk memulai merekam.



Sebelum merekam pastikan kondisi kalian stay / tenang agar suara yang didapat baik dan jelas, dan sebelumnya lakukan uji coba level suara untuk mendapatkan hasil rekaman yang diinginkan.

3. Setelah itu akan muncul tampilan seperti yang satu ini menandakan proses merekam sudah dimulai dengan adanya tombol durasi rekam dibagian layar memudahkan kita megetahui waktu rekam kita.


4. Apabila dirasa sudah selesai segera lakukan tombol STOP atau jika ingin mempause nya bisa klik tombol PAUSE. Dan apabila sudah klik tombol stop maka otomatis file akan tersimpan di PC / Laptop kalian.



File rekaman kalian tersimpan di bagian FOLDER DOCUMENT - Sound recordings - namafile.m4a , dengan format ekstensi file yang tersimpan .m4a (apabila ingin merubah ke format lain misalnya mp3 bisa gunakan tool convert secara online ataupun dengan aplikasi tambahan)

Melakukan Pengeditan Suara di Windows 10 Tanpa Aplikasi.

Proses pengeditan ini hanya bisa melakukan cut / potong beberapa bagian yang dirasa terlalu panjang, dan proses cut ini hanya bisa di ambil dari sisi awal atau akhir rekaman, jadi apabila ingin memotong suara dibagian tengah bisa menggunakan aplikasi tambahan lainnya.

1. Pertama yang harus dilakukan adalah dengan melakukan klik pada menu "TRIM" dibagian bawah tepatnya seperti berikut ini.



2. Untuk melakukan pengeditan dan memotong bagian awal atau akhir bisa melakukan tarik bundaran hitam yang ada di sisi kanan dan kiri barnya, berikut ini tampilannya...



3. Apabila sudah selesai sesuai yang diinginkan selanjutnya kalian bisa klik tombol centang untuk melakukan penyimpanan atau tombol silang untuk membatalkan pengeditan.

4. Setelah mengklik tombol centang akan muncul 2 opsi yaitu diantaranya :

  • Update Original = artinya file asli yang akan mengalami perubahan langsung.
  • Save a Copy = artinya terdapat 2 file yakni file asli sebelum diedit dengan file yang sudah di edit. 


Tinggal kalian pilih hal mana yang akan kalian gunakan untuk menyimpan hasil pengeditan kalian. Lalu seperti biasa cek kembali file yang sudah diedit tersebut di dalam folder DOCUMENT - Sound recordings - namafile.m4a.

***

Itulah informasi dan tutorial yang dapat admin sampaikan untuk kalian semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi teman teman jangan lupa untuk berkomentar apabila ada kesalahan penulisan atau ada hal yang ingin ditanyakan kami sebisa mungkin untuk menjawab semua pertanyaan yang ada. Terima Kasih.


Sumber:
http://denisananta.blog.st3telkom.ac.id/2018/02/11/panduan-merekam-layar-pc-windows-10-tanpa-menggunakan-aplikasi/

Subscribe to receive free email updates: