Tips Menghindari Aplikasi Android Berbahaya


Tips Menghindari Aplikasi Android Berbahaya



Android merupakan salah satu sistem operasi yang memiliki pengguna terbanyak. Tentunya karena banyak yang menggunakan android, sistem operasi ini tak jarang jadi terkena sasaran para hacker. Nah, salah satu cara hacker menyerang android sendiri adalah dengan menggunakan aplikasi yang biasanya akan di download oleh para pengguna android itu sendiri. Untuk kamu yang ingin menghindari android kamu dari aplikasi yang berbahaya, tentunya kamu juga harus tau dulu aplikasi-aplikasi apa saja yang harus kamu hindari dari android kamu sehingga nanti jika kamu ingin mendownloadnya, hal ini bisa kamu urungkan nanti.android sudah punya inisiatif untuk memastikan keamanan dari platformnya namun sayangnya inisiatif ini belum efektif karena kesadaran dari pengguna tentang aplikasi yang berbahaya masing kurang. Aplikasi android berbahaya tentunya juga sudah banyak bermunculan jadi sudah seharusnya lebih selektif lagi dalam memilih dan memilah aplikasi apa saja yang akan digunakan di layar ponsel android kamu.

android malware
Aplikasi android berbahaya

Tips hindari android dari aplikasi android berbahaya pertama adalah kamu harus menghindari yang namanya memasang aplikasi apa saja dari sumber yang tidak kamu ketahui pasti atau tidak jelas. Pastinya, banyak pengguna android akan menggunakan play store untuk memasang aplikasi di android karena jika dari google, hal ini akan sulit untuk dilakukan karena google akan selalu memantau para penggunanya dalam mendownload aplikasi yang dikira berbahaya agar mencegah file yang berbahaya juga nanti. Jadi, untuk kamu yang ingin download nanti, kamu bisa lakukan sendiri lewat play proteck dimana hal ini bisa kamu lakukan dengan cukup membuka play store kemudian pilih menu dan pilih play proteck. Jika kamu sudah tau apakah aplikasi yang kamu pasang itu aman untuk perangkatmy atau tidak, barulah kamu bisa putuskan untuk melanjutkan downloadnya. Tentunya sebagai pengguna android yang bijak, kamu bisa membantu melaporkan aplikasi yang kamu anggap bermasalah yaitu dengan cara memilih improve harmful app detection.

Aplikasi android berbahaya biasanya didapat dari aplikasi pihak ketiga. Jadi keuntungan untuk para pengguna andorid adalah dukungan memasang aplikasi selain dari play store. Perlu kamu ketahui jika kamu download aplikasi dari pihak ketiga tentunya hal ini patut diragukan. Karena banyak toko aplikasi yang tidak menerapkan keamanan yang ketat jadi dipastikan jika toko seperti itu menyediakan juga aplikasi yang berbahaya di dalamnya. Karena itu, sebelum memutuskan untuk mengunduh aplikasi nanti pastikan lagi reputasi dari aplikasi yang akan kamu gunakan. Meski ada toko pihak ketiga yang diragukan keamanannya, bukan berarti semuanya seperti itu. Ada banyak jua toko aplikasi pihak ketiga yang sudah dikenal karena menyediakan aplikasi yang aman untuk android kamu.

tips menghindari aplikasi android berbahaya
Android Malware

Untuk menghindari aplikasi android berbahaya, kamu juga bisa cek selalu izin aplikasinya. Sejak adanya android marshmallow, banyak pengguna andorid yang bisa meninjau izin untuk akses dari aplikasi yang ada di perangkat. Jadi nanti kamu bisa atur satu per satu aplikasi yang nanti akan kamu berikan iziinya. Cara ini tentunya untuk mengetahui akses yang dibutuhkan pada aplikasi agar selalu berfungsi dengan optimal. Karena itu, pastikan jika kamu baca lebih dulu aplikasi sebelum memasangnya nanti. Dengan mengecek ulang izin aplikasi ini kamu bisa menentukan apakah aplikasi yang digunakan butuh izin yang sesuai dengan fungsinya atau tidak. Jika kamu menemukan sesuatu yang janggal, kamu bisa batalkan niat untuk pasang aplikasi tersebut dan carilah alternatif yang lain. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: