Ads

Ads

Rekomendasi Aplikasi Kasir Gratis yang Wajib Anda Tahu

Anda pernah berbelanja di swalayan atau minimarket terdekat? Pasti sebelum membawa pulang barang belanjaan, anda harus melewati mesin kasirterlebih dahulu untuk menghitung jumlah harga yang harus anda bayar.

Pada umumnya mesin kasir yang digunakan di Indonesia masih bersifat manual dengan bantuan barcode atau bahkan hanya menggunakan kalkulator biasa.

Dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, kini semua bidang dalam kehidupan telah mengalami perubahan, salah satunya dalam bidang perniagaan. Salah satu bentuk kemajuan teknologi tersebut adalah dengan diluncurkannya aplikasi kasir android untuk usaha yang dapat diunduh secara gratis atau tanpa biaya sedikitpun.

Rekomendasi Aplikasi Kasir Gratis


Penasaran? Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui rekomendasi aplikasi kasir gratis yang wajib anda tahu.

Chromics POS

Dalam bidang ini, chromics POS merupakan sebuah aplikasi kasir gratis pendatang baru. Chromics POS diluncurkan pada tahun 2015, di mana aplikasi ini hanya dapat digunakan di sistem Windows, atau lebih tepatnya Windows XP 10.

Aplikasi yang satu ini juga dilengkapi dengan layout yang dapat disesuaikan dengan kuitansi dan data softfilenya. Kelebihan lain dari aplikasi Chromic POS yaitu dapat digunakan untuk menyimpan data pelanggan, menyinkronkan data pesanan pelanggan dengan layar yang berada di dapur, dan CSV berdasarkan produk import.

Developer dari aplikasi kasir gratis Chromics POS juga menyediakan software yang mampu menghubungkan sistem kasir dan data di dapur sehingga lebih terintegrasi.

eHopper

lanjut untuk rekomendasi aplikasi kasir gratis yang kedua yaitu eHopper. eHopper adalah sebuah aplikasi kasir gratis yang diciptakan untuk membantu bisnis kecil dalam mengolah dananya tanpa harus mengorbankan kualitas dari software yang digunakan.

Intinya aplikasi kasir gratis eHooper ini diluncurkan dengan tujuan untuk mencegah pemilik bisnis kecil merasa terbebani dengan mahalnya sistem atau hardware kasir yang mampu mengruas dana perusahaan.

Kekurangan yang akan anda rasakan ketika menggunakan aplikasi eHopper ini yaitu versi trial atau gratisnya hanya dapat diintgerasikan dengan satu kredit card prosesor. Selain itu, anda juga tidak dapat terhubung dengan Quick Books. Anda juga memiliki akses yang terbatas terhadap sistem karyawan.

Setelah merasakan fungsi dari aplikasi kasir eHopper secara gratis, agar tetap menggunakan manfaat dari aplikasi ini, anda dapat menggunakan versi berbayarnya. Apabila menggunakan aplikasi yang berbayar, anda diharuskan untuk membayar $40 per register. Meskipun demikian, anda akan mendapatkan fitur yang tidak anda dapatkan di aplikasi eHopper gratis.

Kelebihan dari aplikasi kasir gratis eHopper yaitu dapat digunakan di bisnis kecil. Seain itu, ehOpper juga dilengkapi denga fitur yang sangat bermanfaat seperti manajemen kontak, manajemen persediaan, pembayaran, dan managemen tenaga kerja.

Selain windows, aplikasi ini juga dapat dijalankan di beberapa sistem seperti android dan iPads.

Floreant POS

Satu lagi rekomendasi aplikasi kasir gratis yang wajib anda coba yaitu Floreant POS. namun aplikasi yang satu ini lebih dikhususkan untuk restoran atau rumah makan. Meskipun gratis tetapi Floreant POS dapat digunakan di berbagai sistem seperti Windows, Mac, dan Linux.

Tak hanya di komputer, aplikasi kasir Floreant POS juga dapat digunakan di tablet sehingga anda dapat melayani pembayaran pelanggan dari mejanya masing-masing.

Kelebihan dari aplikasi ini yaitu dapat terkoneksi dengan printer dapur, memberikan laporan secara lengkap dan tepat, membantu manager dapat membuat keputusan, dan memberikan kemudahan dalam mengatur menu dan resi.

Kekurangan dari aplikasi Floreant POS yaitu hanya dapat digunakan di bisnis yang berjenis restoran atau rumah makan.

Imonggo

Imonggo merupakan aplikasi kasir gratis yang telah diluncurkan sejak tahun 2009 lalu, selang 7 tahun kemudian, imonggo telah memiliki aplikasi versi terbaru yang telah diklaim memiliki pengguna sebanyak 1.100 di seluruh dunia. Pihak developer Imonggo juga bergabung dengan Mercury/Vantiv yang mana merupakan pengembangan pembayaran menggunakan kredit card.

Imonggo versi gratis dapat digunakan di satu lokasi untuk satu toko dengan satu user yang mengoperasikan. Toko tersebut dapat memanage 1.000 produk dan 1.000 transaksi setiap bulannya. Aplikasi kasir gratis yang satu ini dapat digunakan di komputer dengan sistem iPad, Andoroid, PC, tablet, dan Mac.

Kekurangan dari aplikasi yang satu ini yaitu tidak dapat digunakan secara offline, jadi untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari Imonggo sebaiknya anda memiliki jaringan internet yang cukup lancar.

Untuk anda yang ingin mendapatkan versi offlinenya, anda diharuskan untuk membayar $30 per bulan. Tapi tenang saja, dengan sejumlah uang tersebut anda akan mendapatkan banyak keuntungan seperti dapat digunakan untuk banyak lokasi, unlimited user, tidak ada batasan produk.

Loyverse POS

Satu lagi aplikasi kasir gratis yang wajib anda coba yaitu Loyverse POS. sayangnya, aplikasi yang satu ini hanya dapat dioperasikan di PC yang menggunakan sistem ios atau android. Sesuai dengan namanya, Loyverse mampu meningkatkan kesetiaan dari pelanggan melalui pengembagan teknologinya. Pasalnya loyverse juga meluncurkan produk untuk menjadi aplikasi pelengkap dari aplikasi kasir gratis loyverse POS itu sendiri.

Tak hanya di satu toko, loyverse POS ini juga dapat digunakan untuk berbagai cabang toko yang anda miliki. Aplikasi yang satu ini telah berkembang cukup pesat karena telah memiliki pengguna sebanyak 240.000 berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Capterra.

Kelebihan dari aplikasi loyverse POS yaitu dapat digunakan untuk offline. selain itu, aplikasi ini juga terintegrasi dengan pembayaran kredit card. Loyverse juga dapat digunakan untuk managemen persediaan dan laporan karyawan.

uniCenta

Berbicara mengenai aplikasi kasir gratis pasti nama yang satu ini tak boleh dilewatkan, uniCenta. uniCenta merupakan aplikasi kasir gratis terbesar di dunia. Nama besar tersebut tak didapatkan secara Cuma-Cuma pasalnya uniCenta mampu memberikan berbagai fitur yang menarik dan bermanfaat.

Manfaat tersebut antara lain managemen persediaan, pelaporan, CRM, dan managemen karyawan.
Keunggulan lain dari uniCena yaitu dapat digunakan untuk berbagai sistem komputer seperti PC, Linux, Mac, maupun mobile. Penggunaan uniCenta ini dijamin 100% gratis, namun apabila ingin mendapatkan fitur dan manfaat lebih, anda dapat upgrade ke versi berbayar dan terbarunya.

Profit Center

Rekomendasi aplikasi kasir gratis yang selanjutnya yaitu profit center. Serupa dengan aplikasi sejenis, Profitt Center juga dapat digunaka untuk mengatur cash register, pengaturan diskon, pelaporan, managemen persediaan, dan masih banyak lagi.

Sayangnya aplikasi kasir gratis Profitt Center ini hanya dapat digunakan untuk PC yang bersistem Windows.

Secara keseluruhan, profit Center merupakan aplikasi yang cocok untuk merchant atau bisnis kecil yang baru mengenal sistem kasir berbasis software.

VendHQ

Serupa dengan uniCenta, VendHQ juga memiliki nama cukup besar di dunia POS. versi gratis dari vendHQ ini hanya dapat digunakan unuk satu register user. Tapi tenang saja, aplikasi ini dapat digunakan untuk 1.000 pelanggan lebih.

Dengan vendHQ ini, anda dapat mengakses managemen persediaan, profil dari pelanggan, dan pelaporan. Apabila menginginkan versi yang terbaru dan lebih canggih, anda diharuskan untuk membayar biaya $69 per bulannya.

Subscribe to receive free email updates: