Ads

Ads

Cara Auto Submit Sitemap di Google Webmaster Tool (GWT)

Creativeku.com - Sitemap atau peta situs berfungsi untuk mempermudah google dalam melakukan index pada artikel yang ada diblog maupun website kita dengan adanya sitemap ini artikel yang sudah kita publish akan mudah untuk dapat masuk kedalam linkup index google, oleh karena itu setiap web atau blog haruslah mengirimkan sitemap ini secara berkala kepada Google agar setiap artikel yang terpublish dapat dikenali search engine google.

Salah satu tempat terbaik untuk upload sitemap bagi para blogger dan website lainnya adalah Google Search Console atau GWT (Google WebMaster Tool) ini merupakan situs milik google yang dapat kalian gunakan untuk mensubmit sitemap blog atau website kalian untuk lebih mudah diindex oleh Mesin Pencari Google. Bagi teman-teman yang masih belum mendaftarkan website nya ke Google webmaster bisa langsung gabung disini Daftar Google Webmaster.

Bagaimana cara agar sitemap auto submit di Google Webmaster ?


Bagi teman teman yang penasaran bagaimana caranya, sedikit informasi cara ini adalah pengalaman saya dalam melakukan aktifitas submit sitemap ini. Cara ini tidak ada kode khusus untuk melakukan auto submit ataupun menggunakan tool-tool tertentu cara ini murni dari pengalaman saya, apabila cara berikut sudah diketahui oleh teman teman silahkan lihat postingan lainnya. Tutorial ini ditujukan bagi yang masih belum mengetahuinya.

Berikut Cara Agar Sitemap Otomatis Terindex.



  1. Pertama pastikan blog anda sudah terdaftar di Google Webmaster. Bagi yang belum mendaftar silahkan daftar melalui link diatas, untuk tutorialnya silahkan cek di Google. 
  2. Saat mendaftar kalian akan memasuki menu untuk mengintegrasikan antara blog dengan goolge webmaster dengan berbagai cara, termasuk dengan meletakkan kode tertentu didalam blog.

Nah pastikan kode tersebut masih melekat di Blogger atau website kalian untuk kodenya seperti berikut ini. Kode berikut adalah kode untuk verifikasi antara google webmaster dengan blog kalian.

<meta content='om9wFpxzdsgdhgBgAUuICUcfbvYswcm8c8bB3U' name='google-site-verification'/>

3. Silahkan Buat postingan khusus sitemap di Bagian Page dengan Nama Sitemap, dan untuk membuatnya silahkan kalian search digoogle banyak kode untuk membuat postingan sitemap di blog untuk contohnya seperti berikut Sitemap Creativeku.com

4. Setelah itu submit sitemap untuk pertama kalinya di Google Webmaster Tool, untuk caranya bagi pengguna blogger cukup masuk ke menu Perayapan > Sitemap, Langsung klik tombol tambahkan sitemap masukkan sitemap.xml seperti contoh berikut ini.



5. Selesai pastikan semuanya selesai, dan maka secara otomatis sitemap kalian akan terus update secara otomatis tanpa harus mensubmit sitemap berulang kali.

Sebelum itu pastikan syarat syarat Berikut ini :



  1. Jangan melakukan submit Fetch As Google setiap artikel yang baru di Publish, mengapa ? Dari pengalaman saya tidak melakukakn submit Fetch As Google ini tidak terpengaruh pada index, hanya dengan sitemap cukup bagi google mengindex situs kita.
  2. Update artikel secara rutin setiap hari. Agar sitemapnya update terus setiap hari.
  3. Proses ini tidak bisa langsung tersubmit otomatis melainkan memerlukan waktu menunggu kurang lebih sehari agar sitemap kita update secara otomatis.

Sekali lagi cara ini adalah pengalaman saya, dan apabila artikel ini tidak menarik silahkan baca artikel lainnya di bawah ini. Dengan melakukan cara cara diatas hingga sekarang saya sudah tidak pernah lagi submit Sitemap di google webmaster tool.
Sekian informasi dari saya Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: